Close

Alasan Perempuan Harus Kuliah

Kamu pastilah sering mendengar kalimat-kalimat yang sering mengatakan bahwa perempuan gak perlu kuliah karna nantinya akan mengurus rumah tangga. Kalimat-kalimat tersebut bisa kita dengar dari mulut tetangga, teman atau bahkan keluarga kita sendiri.

Masih banyak kata-kata ‘ahh buat apa kuliah kalau nanti hanya di dapur’ atau ‘perempuan ngabisin duit aja kalau kuliah, lebih baik belajar cara mengurus suami yang benar.’

Kalimat seperti itu belum tentu benar loh, malah bisa dibilang salah. Sebenarnya, ada beberapa alasan yang mengharuskan kamu untuk berkuliah dan berpendidikan tinggi.

  • Mengurus rumah tangga diperlukan ilmu.

Selama ini, anggapan yang mengatakan bahwa mengurus rumah tangga tidak perlu sekolah adalah salah. Sebab, saat kita berhadapan dengan segala hal yang berbentuk kepengurusan rumah tangga, itu diperlukan ilmu yang tinggi.

Mengurus rumah tangga diperlukan ilmu manajemen.

Manajemen adalah sebuah proses untuk mengatur sesuatu yang dilakukan oleh satu orang atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam hal keluarga misalnya, kamu memerlukan ilmu manajemen untuk mengatur supaya rumah tangga kamu lebih bahagia. Contohnya, memanajemen uang belanja, kamu perlu memahami bagaimana cara mengatur uang masuk dan uang keluar. Tujuannya adalah supaya pengeluaran keluarga lebih hemat, dan dapat menabung untuk kelangsungan hidup kedepannya.

Kamu sebagai ibu rumah tangga harus paham dan bisa mengatur apa yang diperlukan dan tidak diperlukan untuk dibeli. Selain itu, bagaimana cara mengelola rumah, membersihkan serta merapikannya. Kamu yang tidak berpendidikan tinggi, akan kesulitan untuk mengatur dan mengelola rumah tangga.

  • Perempuan cantik adalah orang yang berilmu.

Teman saya mengatakan bahwa untuk menjadi cantik kita para perempuan hanya perlu berdandan. Ternyata itu salah. Jika hanya berdandan, namun kamu sulit untuk diajak berdiskusi atau tidak nyambung tentu tidak akan disukai.

Malah sebaliknya, jika kamu nyambung dalam menanggapi isu bahkan berdiskusi, maka cahaya cantikmu akan terpancar dengan sendirinya. Kamu akan terlihat memesona dimanapun kamu berada.

Misalnya ada sebuah seminar, kamu diundang karena kamu paham mengenai isu yang akan diseminarkan tersebut. Kamu dengan senang hati tampil dengan pemaparan-pemaparan yang menakjubkan, ini banyak untungnya. Selain kamu akan banyak dikenali orang lain, kamu juga nampak cantik karna ilmu yang kamu punya.

Perempuan cantik adalah mereka yang daapat memecahkan masalahnya dengan sendiri, jangan apa-apa bergantung dengan lelaki. Jika kamu memiliki ilmu yang tinggi, tingkat pemecahan masalah juga akan semakin bagus. Akibatnya, kecantikan kamu akan terpancar dengan sendiirinya.

Jadi, jangan lagi menganggap bahwa cantik itu hanya perkara dandan atau tidak, tapi malah jika kamu sebagai perempuan yang berpendidikan tinggi dan pintar, maka akan banyak orang menyukaimu serta nyaman berada didekatmu.

  • Merawat anak haruslah cerdas.

Kamu tentu menginginkan anak yang pintar dan baik. Anak akan cenderung mengikuti sifat orang tuanya. Tentunya kalau begitu, kamu harus baik dan cerdas juga.

Merawat anak sebenarnya adalah pekerjaan yang berat serta menuntut tanggung jawab yang besar.

Anak-anak tentunya akan berkembang berdasarkan umur, nah jika kamu tidak siap dan masih belum tau cara yang baik untuk mendidik anak sebab kamu juga tak berpendidikan tinggi, sulitlah jadinya.

Mendidik anak diperlukan juga ilmu mengelola. Tata kelola adalah serangkaian proses, kebiasaan, kebijakan, aturan, yang memengaruhi pengontrolan sebuah tujuan. Misalnya saja, kamu menginginkan anakmu menjadi anak yang disiplin, nah kamu harus mengelolanya dengan baik. Misalnya, selalu bangunkan dia pada jam yang sama setiap pagi. Atau ajarkan dia untuk menghargai orangtua dal lainnya.

Artinya kamu harus siap dengan perkembangan anakmu, kamu harus berpendidikan tinggi sehingga anakmu akan dirawat oleh ibu yang pintar juga baik.

  • Dapat saling membantu finansial keluarga.

Urusan finansial adalah yang paling terpenting dalam berkeluarga. Banyak sekali suami istri bercerai karena urusan uang. Jika kamu berpendidikan tinggi, maka kamu nantinya akan dapat pekerjaan yang layak. Sehingga dapat saling bantu dengan suami urusan keuangan keluarga.

Di zaman yang kian maju kini, mencari uang sudah semakin sulit, kamu yang berkualitas tinggi tentulah akan diprioritaskan untuk bekerja layak. Maka jika kamu kuliah dan berpendidikan tinggi, kamu akan lebih layak masuk pekerjaan yang semestinya.

Dengan begitu, rumah tangga akan lebih terjaga dari sisi keuangan. Kamu, suami dan anak-anakmu akan lebih harmonis menjalani hidup.

  • Menjadi lebih mandiri dan bertahan.

Banyak perempuan yang ragu-ragu meninggalkan suaminya karena dia tak bekerja meski suaminya jahat dan tukang selingkuh.

Misalnya saja kawan saya, dia begitu tersiksa oleh kelakuan suaminya yang suka memukul dan juga menyelingkuhinya. Namun dia tak mau bercerai dan masih saja bertahan, ini karena jika bercerai, dia tak tau ingin mencari uang dan memberi nafkah untuk anaknya bagaimana. Dia perempuan yang tidak bekerja sehingga dari segi finansial, dia masih saja bergantung dengan suami.

Jika kamu berkuliah dan berpendidikan tinggi, maka kamu tidak akan takut lagi jika suamimu meninggalkanmu. Karena sesungguhnya orang yang berpendidikan tinggi tentu lebih dapat mandiri dan hidup lebih layak.

Kamu tidak akan takut ditinggal suamimu, karena nantinya kamu bisa juga bekerja dan mendapat gaji yang cukup dengan kemampuan dan ilmu yang kamu miliki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *