Close
Cara mengakhiri hubungan toxic

Cara Mengakhiri Hubungan Pertemanan Toxic

Kamu tentu punya teman-teman yang beracun di dekatmu. Entah kenapa, pastinya kamu merasa jika didekatnya kamu akan sering bergunjing, tidak berkembang atau banyak menghabiskan uang. Bila didekatnya, kamu bisa merasakan bahwa dirimu tidak ada kemajuan, misalnya hilangnya budaya diskusi diantara kalian, malah jadinya menggunjing.

Berbicara buruknya orang lain tentu sudah sifat alamiah manusia, namun jika terlalu sering ini dapat mengarah ke yang negatif, misalnya, kita bisa saja selalu berfikir negatif ke orang lain. Atau bahkan kita jadi sulit menghargai orang yang kita gunjingkan tersebut.

Bisa juga teman yang beracun dapat menyusahkanmu. Bisa dari gaya hidup yang tinggi. Misalnya saja, kebiasaan nongkrong di kafe. Kafe memang tempatnya anak mellenial kini, namun jika kamu terus-terusan nongkrong ini akan sangat menyita uang bulananmu. Selain waktumu banyak habis, kamu juga akan kekurangan uang.

Kadang, kita tak dapat mengotrol perlakuan teman teman, namun kita dapat mengakhiri berteman dengannya. Inilah cara-cara mengakhiri hubungan pertemanan yang beracun dengan baik.

1. Kurangi komunikasi

Pertama yang kamu lakukan adalah mengurangi komunikasi dengannya. Misalnya, jika dia menelepon atau chat, bolehlah beberapa kali tak usah diangkat dan dibalas.

Kemudian, jika dia ngajak nongkrong, kamu beralasan saja hari tidak enak badan, kemudian esoknya kamu mulai beralasan sedang banyak tugas, esoknya lagi bisa beralasan sibuk mengerjakan ini itu di rumah ataupun di kos.

Berbohong begitu tak masalah, kita kan berbohong demi kebaikan dan masa depan lebih baik. Nah jika kamu menghindari komunikasi dengannya, maka lama-lama tak terasa dia akan menjauh juga dengan sendirinya. Kamu bisa jadi lebih tenang menjalani hidup tanpa teman seperti dia.

Tapi pelan-pelan saja, tak perlu terburu-buru. Sebab jika kamu buru-buru menghilangkan dia dari kehidupanmu juga takutnya akan berdampak ke dirimu sendiri. Kamu akan cepat merasa kesepian. Pakai saja tempo, misalnya minggu ini, kamu hanya nongkrong dengan dia sebanyak tiga kali, kemudian minggu depannya lagi mulai kurangi menjadi hanya dua kali. Begitu seterusnya. Ini sebenarnya baik, dengan cara perlahan begitu, dia juga akan tidak mudah curiga kalau kamu menghindarinya.

2. Perbanyak aktivitas yang positif.

Memperbanyak kegiatan yang positif ini sebenarnya mudah. Jika kamu sedang kuliah, kamu dapat mengikuti organisasi kampus yang mengarah ke hobi mu. Misalnya saja kamu senang menjelajah alam, kamu dapat ikut organisasi Mahasiswa Pecinta Alam. Disini kamu akan banyak berdiskusi serta mengisi waktu turun langsung ke alam.

Banyak kegiatan ekstra kampus yang sebenarnya layak dan bermanfaat kamu ikuti. Selain kamu punya banyak teman yang pintar daik, organisasi ekstra kampus akan membentuk karakter baik dari dirimu. Misalnya kebiasaan diskusi akan tumbuh, kebiasaan kerja tim, serta kamu akan berlatih cara-cara memimpin dan memanajemen sebuah organisasi.

jika tak senang dengan kegiatan kampus, kamu dapat membuat pilihan lain. Misalnya membaca buku. Dengan membaca, waktumu akan terisi dengan hal yang bermanfaat. Kamu bisa update dengan info terkini sekaligus banyak tau. Jika kamu banyak tau, kamu akan menonjol dikalangan teman-temanmu. Ini akan membawa manfaat yang baik buatmu serta tak perlu lagi harus nongkrong dengan teman yang tak baik tadi.

3. Lebih banyak bercengkrama dengan keluarga.

Kamu, jika sering nongkrong atau main bersama teman-teman, tentu akan menyita waktu untuk keluarga. Nah, jika kamu ingin menghindar dari teman, kamu dapat memperbanyak waktumu dengan keluarga. Sebab, dari sini kamu tidak akan lagi teringat atau rindu main dengan kawan-kawan.

Selain itu, hubunganmu dengan keluarga akan semakin harmonis dan membaik.

4. Perbanyak waktu dengan diri sendiri.

Dulu jika berteman dengan orang-orang beracun, kamu pastinya banyak waktu untuk nongkrong dan menggunjing orang lain. Ini hal yang perlu dikurangi dan diganti dengan waktu terhadap diri sendiri.

Kamu dapat memanjakan dirimu sendiri dengan massage dan pergi ke SPA, selain itu, kamu juga dapat makan di tempat yang mewah seorang diri saja. Kamu juga dapat menonton sendirian di bioskop. Jangan berkata bahwa hal seperti ini akan membosankan dan dianggap kesepian oleh orang lain. Sebab dengan memanjakan diri sendiri, kamu malah akan menghargai diri sendiri.

Dengan ini, juga kamu gak perlu menghubungi temanmu yang beracun untuk minta ditemani. Kamu harus mandiri, jangan apa-apa dan kemana-mana harus bersama teman. Kamu bisa kok melakukan itu dengan sendiri.

Jika banyak yang berkata kalau pergi kemana-kemana sendirian itu adalah orang kesepian, jangan dipedulikan, toh kita hidup harus berdasarkan yang kita senangi. Ngapain kita pergi dengan teman dan terlihat gak kesepian, tapi malah jengkel di dalam hati sebab pergi dengan teman-teman yang beracun.

Nah kawan-kawan, itu tadi cara yang baik jika ingin meninggalkan teman-teman beracun. Kamu para perempuan, pasti memiliki banyak teman yang begitu, silahkan cepat ditinggalkan sebelum itu merugikan dirimu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *