Close
Menghilangkan Rasa Cemburu dan Curiga Berlebihan Terhadap Pasangan

Menghilangkan Rasa Cemburu dan Curiga Berlebihan Terhadap Pasangan

Kamu tentunya sering mendengar bahwa curiga atau cemburu adalah tanda cinta dan sayang. Kadang ada juga yang berkata bahwa sifat cemburuan merupakan bumbu-bumbu dalam hubungan percintaan. Namun sebenarnya kamu perlu berhati-hati atas sifat yang satu ini. Terkadang malah dianggap rasa cemburu dan curiga berlebihan adalah suatu penyakit.

Sebenarnya curiga dan cemburu dapat membuat pasangan dan kamunya menjadi kurang nyaman dalam menjalani suatu hubungan. Misalnya saja, hanya karena pasanganmu ingin berkumpul atau main dengan kawan-kawannya yang beda jenis kelamin, kamu sudah banyak bertanya ini itu tentang temannya tersebut.

Atau bahkan, kamu dapat saja mengganggunya saat lagi nongkrong. Dengan cara tak henti chat dan menanyakan sedang apa. Alih-alih memberi ruang untuk pasanganmu, kamu malah sibuk meminta video call sekedar membuktikan agar dia tak macam-macam.

Percayalah, sikap semacam ini tidak akan disenangi oleh pasanganmu. Dia akan menjadi tak nyaman serta merasa was-was jika didekatmu. Sebab, bagaimanapun dia menjelaskan, kamu akan tetap curiga untuk kedepannya.

Rasa cemburu dan curiga berlebihan ini bukan hanya dapat merugikan pasangan yang tidak merasa bebas dan selalu diawasi. Kamu juga tidak akan diuntungkan sebab kesehatan mentalmu akan terganggu. Selain itu, kamu bisa sulit tidur dan berdampak pada aktifitasmu sehari-hari. Belum lagi, ia juga dapat memantik pertengkaran antara kalian berdua.

Banyak sekali hal negatifnya, untuk itu kamu dapat melakukan hal ini untuk dapat mengurangi perasaan yang mengganggu tersebut.

  • Mulailah membangun rasa bangga dan menghargai diri sendiri.

Kamu adalah orang yang baik, pintar, bijaksana dan cerdas. Banyak sekali kelebihan dirimu, jadi jangan takut atau jangan tidak percaya dengan dirimu sendiri. Percayalah, jika kamu merasa bahwa dirimu jelek, tidak pintar, atau bahkan tidak pantas untuk pasanganmu, inilah yang akan menjadi boomerang.

Rasa ini, akan merasuki fikiranmu dan menciptakan perasaan yang tidak percaya diri. Kemudian jadilah rasa curiga dan cemburuan yang berlebihan.

Jika kamu tidak percaya diri dan merasa tidak pantas, maka kamu akan cenderung takut kekasihmu akan diambil oleh orang yang lebih dibanding kamu.

Misalnya saja, saat kamu tahu bahwa kekasihmu punya kawan lawan jenis. Kamu sibuk membandingkan dirimu dengannya, bisa dengan membandingkan postur tubuh, bentuk wajah, dan karena ketidakpercayaanmu terhadap diri sendiri, maka kamu akan takut jika pasanganmu berteman dengan kawannya tersebut. Itu nantinya akan membuatmu curiga berlebihan dan bahkan sampai akan melarangnya untuk berteman. Kamu bisa saja jadi takut nantinya kekasihmu akan menyukai temannya tersebut, padahal itu hanya ada dalam fikiranmu saja. Tak pernah terjadi, mereka hanya sekedar teman, tak lebih.

  • Tinggalkan masa lalu yang membuatmu begitu curiga dan cemburu berlebihan.

Sebagian orang, merasa dirinya yang rasa cemburu serta curiganya berlebihan dikarenakan masa lalu yang kelam. Hal ini dapat dipicu dari orangtua yang selingkuh. Atau bahkan pengalaman mantan pacar yang selingkuh sehingga hal itu meninggalkan bekas yang menyakitkan.

Misalnya saja, kawan saya bercerita bahwa orangtuanya berselingkuh, ayahnya yang dipandang baik oleh masyarakat bahkan terkenal alim malah mengkhianati ibunya. Hal itu membuatnya trauma pada masa lalu.

Jika kamu salah satu diantara orang yang belum beranjak dari masa lalu, kamu perlu belajar bahwa orang yang kamu hadapi ini bukanlah orang yang sama. Pasanganmu tidak sama dengan ayahmu atau mantanmu yang tukang selingkuh. Dia orang berbeda, untuk itu jangan terlalu mencurigainya.

  • Jangan mengakses hal yang bersifat privasi.

Pernah dengar kata “hingga kini, saya tak pernah melihat isi hp kekasih saya, dan itulah kunci kami selalu bahagia hingga kini.”

Saya lupa siapa yang mengatakannya, namun hal ini dapat ditiru. Sebab jika kamu terlalu mengakses hal yang bersifat pribadi pada pacarmu, maka rasa curiga dan cemburumu akan mudah tumbuh. Ini tidak baik. Tentu pastinya kamu akan sangat penasaran dengan kehidupan pasangan, namun kamu harus sanggup melawan dan menahan rasa yang berlebihan itu.

Kamu tidak perlulah sampai melihat isi chatnya dengan orang lain. Atau tidak perlu tau dia akan nongkrong dengan siapa.

Jika kamu terlalu mengakses hal-hal yang bersifat pribadi, maka dikuatirkan kamu akan sering menaruh rasa curiga dan dapat menarik kesimpulan yang berbeda.

  • Mulai mengerjakan kegiatan yang lebih positif.

Dengan banyak berkegiatan positif, akan mengalihkan perhatianmu. Misalnya saja, kamu dapat mulai membaca buku, dengan membaca, kamu dapat mengalihkan perhatianmu ke hal yang lain. Alih-alih hanya berfikiran ke pasangan saja.

Baca juga : Cara Menghindari Hubungan Pertemanan Toxic

Hal positif lain yang dapat kamu lakukan adalah menulis. Silahkan tuang rasa kesal, cemburu, dan curigamu ke tulisan. Ini akan membantumu merasa lega nantinya. Jika kamu menyibukkan diri dengan kegiatan positif, maka rasa curiga dan cemburu yang berlebihan itu akan hilang dan teralihkan dengan sendirinya.

Jadi itu tadi hal yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan rasa cemburu dan curiga berlebihan. Komunikasi yang baik dan terjaga dengan pasangan juga akan menambah rasa percaya terhadapnya. Percayalah, dia akan setia di dekatmu jika dia mencintaimu.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *