Close
Belajar dari Series YOU, Kekasih yang Posesif Bukan Berarti Mencintaimu

Belajar dari Series YOU, Kekasih yang Posesif Bukan Berarti Mencintaimu

Hei, hello there. Who are you?

Joe Goldberg seorang pria yang bekerja di sebuah toko buku sedang terperangah melihat perempuan mengitari rak. “Hei, hello there. Who are you?” kata Joe dalam hati.

Sepanjang wanita itu mencari buku, Joe terus saja menatapnya. Memerhatikan hal detail yang dikenakan. Bentuk rambut yang digulung, gaya pakaian, gelang tangan hingga sepatu. Joe bahkan bisa menebak, si gadis adalah seorang mahasiswa.

Saat itu juga, ia dapat berkenalan dengan wanita itu, Beck.

Joe sedang memperhatikan Beck
Joe sedang memperhatikan Beck

Jalan Cerita

Sambil mengurus bill pembayaran, Joe dan Beck berbincang singkat. Dari obrolan yang berlangsung cepat itu, Joe mendapat nama lengkap si gadis, Guineverre Beck.

Memang hanya itu yang Joe butuhkan, dengan sekali mengetik nama itu di laman Google, semua profile dan kehidupan Beck muncul. Joe langsung tau siapa teman-temannya, makanan kesukaan, kuliah di mana dan ambil jurusan apa, bahkan alamat rumah. Wow alamat rumah Beck.

Kegiatan mencari tahu soal Beck yang sudah keterlaluan ini tak hanya sampai di sana. Joe bahkan mendatangi rumah si perempuan, untuk bertamu? Tentu tidak, Joe belum punya keberanian.

Ia menguntit Guineverre Beck saban hari, melihat kegiatan, siapa saja yang mendatanginya bahkan Joe melakukan tindakan berani masuk ke rumah itu saat Beck sedang pergi dan mengambil barang-barang pribadi perempuan S2 itu.

Pembunuhan demi pembunuhan terus saja terjadi

Karena terus saja menguntit, Joe jadi kenal dengan kekasih Beck. Tak butuh waktu lama, Ia membunuh pacar perempuan itu dan membuat pembunuhan tersebut tanpa jejak.

Tidak hanya pacar si gadis, ia juga membunuh teman baik Beck.

Pembenaran demi pembenaran terus saja berputar di kepala Joe. Dia menyebut pembunuhan itu benar karena memusnahkan orang-orang jahat di sekitar perempuan yang dicintainya. Joe menganggap dirinya pahlawan.

Teman baik Beck yang ikut dibunuh Joe
Teman baik Beck yang ikut dibunuh Joe

Akhirnya, Joe Membunuh Beck

Beck mengetahui kebusukan Joe hingga ia ketakutan. Gadis itu berusaha melarikan diri dan tak ada ampun. Ia langsung dihabisi begitu saja. Lagi-lagi tanpa jejak.

Kekasih yang Posesif Bukan Berarti Mencintaimu

Sejak awal, aku mengira ini adalah cinta pandangan pertama yang sering dielu-elukan anak zaman now. Sejak awal, aku kira Joe adalah pria yang romantis dan sedang jatuh cinta.

Tapi ternyata itu hanya berada pada awal film saja. Joe berubah jadi pria kejam dan melakukan segala hal untuk mendapatkan Beck.

Joe yang begitu bukan berarti sangat mencintai Beck, ini dibuktikan pada akhirnya menghabisi orang yang katanya ia cintai itu. Apa benar cinta dapat membunuh?

Sifat posesif dalam suatu hubungan ini banyak sekali terjadi, bahkan di sekitar kita.

Bentuk-bentuknya seperti melarang main sama teman, melarang pergi dengan lawan jenis, pokoknya ia membatasi kegiatanmu. Alasan yang diberikan karena cinta, karena takut kenapa-kenapa, karena perhatian dan lain-lain.

Sekilas ini nampak seperti bentuk cinta, so sweet, so cute.

Tapi sayangnya, hal itu yang membahayakan.

Sifat ini berkaitan erat dengan kecemburuan yang dapat menghancurkan hubungan dan merusak diri sendiri. Perlu dibedakan antara cinta dan sifat posesif. Karena dalam cinta terdapat kepercayaan, kenyamanan dan ruang bagi tiap individu.

Sebaliknya, dalam sifat posesif ada kecemburuan, keegoisan, ketidakpercayaan serta tidak adanya kebebasan dan ketenangan bagi orang lain.

Awalnya, sifat ini diartikan sebagai tanda cinta, tapi kalau sudah gigih itu bisa masuk dalam kategori egois.

Seperti film You, apakah kamu mengira itu cinta pandangan pertama? Apakah kamu mengira Joe sangat tertarik pada Beck sampai ia menguntit? Apakah Joe mencintai Beck sampai ia menghabisi semua orang yang menghalangi karier Beck?

Kalau iya, kenapa Joe membunuh orang yang ia cintai?

Over all aku kasih bintang 7 dari 10 untuk series ini.

Baca juga : Review Novel Bekisar Merah dan Perihnya Kemiskinan

Review Buku Muslimah yang Diperdebatkan

 

 

 

 

 

 

4 thoughts on “Belajar dari Series YOU, Kekasih yang Posesif Bukan Berarti Mencintaimu

  1. Ini sih posesifnya parah ya. Cara menghindar darinya pun keknya nggak ada. Huhu.. Aduh serem..

    Tapi alur ceritanya sih bagus ya. Seakan ngasih pesan boleh kita posesif tapi ya wajar aja, bukan sampek yang menghalangi atau melarang pasangannya untuk bergaul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *