Close
Manfaat Membaca Bagi Ibu Muda

Manfaat Membaca Bagi Ibu Muda

Para ibu jika di rumah senang membaca? Kalau belum, kamu bisa memulai dari sekarang juga. Karena saya akan mengatakan sungguh merugi bagi orang-orang yang tidak senang dan tidak banyak membaca.

Terutama bagi ibu muda, kamu akan banyak tantangan kedepannya. Misalnya mempersiapkan masa depan anak, masa depan rumah tanggamu.

Baca juga : Kenapa sih kalian kebelet menikah terus?

Dengan tantangan yang besar tersebut, kamu tentu harus punya persiapan kuat dan tidak main-main. Karena itu menyangkut kesejahteraanmu dan keluargamu. Ibu muda yang cerdas dan pintar tentu adalah idaman semua suami dan anak. Kamu bisa menjadi ibu cerdas dengan banyak membaca.

Selain itu, manfaat membaca bagi ibu muda juga banyak. Saya akan jabarkan disini :

1. Mengurangi Stress

Ibu muda adalah orang yang paling rentan stres, kenapa saya bilang begitu? Karena ia akan menjalani hari-hari baru. ia baru saja melahirkan anak yang lucu, sesudah melahirkan, tanggung jawab tak berhenti disana. Ia akan menghadapi hal-hal baru dengan anaknya.

Belum lagi nanti ia harus memikirkan pendidikan anak, jajan, serta jika anak agak bandel, para ibu muda tentu akan doyan stres.

Belum lagi nanti si ibu bekerja juga, masalah di kantor pasti akan sangat menguras tenaga, belum lagi masalah di rumah.

Untuk meredamnya, para ibu bisa membaca, dengan membaca artikel atau buku yang menarik, perhatian kamu akan teralihkan dari masalah yang membikin stres tadi ke hal yang kamu baca. Hal ini membiarkan segala hal yang bermasalah berlalu pergi, dan saatnya kamu bersantai dengan membaca.

2. Dengan Membaca, Ibu Dapat Meningkatkan Keluwesan serta Kefasihan Dalam Bertutur Kata

Anak adalah peniru ulung, dengan memiliki ibu yang tutur katanya baik, tentu anak juga akan mengikuti.

Dengan membaca, pastinya ada output yang dihasilkan, membaca tentunya akan memperbaiki kosakatamu. Kamu para ibu akan menemukan kata-kata baru yang baik di dalam bacaanmu. Ini dapat kamu gunakan jika berkomunikasi dengan anak.

Makin banyak kamu membaca, makin banyak kata yang kamu miliki. Serta ia akan membuka jalan pemakaian kosakata sehari-hari kamu.

Menjadi pintar bicara amat bermanfaat dalam profesi apapun, apalagi saat berprofesi sebagai ibu.

Membaca buku juga perlu untuk mendalami bahasa baru, lantaran hal semacam itu bakal memperluas kalimat yang dipakai dalam konteks, hingga menaikkan kekuatan dalam kefasihan bicara. Tentunya jika kamu fasih bicara, maka kamu akan dapat juga memilih kata yang pantas atau tidak jika dilontarkan ke anakmu.

Pasti sangat menyenangkan jika kamu dapat berbicara dengan lancar dan baik dengan anak-anakmu. Selain anakmu juga akan meniru, tentunya orang lain juga akan memujimu bukan?

3. Menyingkirkan Kegalauan dan Kegundahan

Membaca membuat otak akan konsentrasi dengan bacaan yang kamu geluti sekarang. Misalnya saja, kamu yang berprofesi sebagai ibu muda punya masalah yang cukup rumit dengan suamimu. Membaca dapat jadi jalan keluar yang ampuh untuk menghilangkan galau dan gundah tentunya.

Kamu dapat membaca novel bagus, pasti kamu akan tertarik dalam cerita yang disajikan novel tersebut. Pada akhirnya, paling tidak sejenak kamu akan melupakan masalah yang besar tadi. Ia membantu mengobati suasana hatimu.

Tidak hanya itu, setelah kamu membaca novel tersebut, tentu kamu memiliki rasa terpuaskan atas apa yang kamu kerjakan. Kamu berhasil menamatkan satu buku, itu suatu prestasi yang harus dirayakan dengan kesenangan.

Otakmu akan mengeluarkan zat-zat yang membuat rasa senang. Karna keberhasilanmu meluangkan waktu dengan hal yang positif.

4. Menolak penyakit Alzheimer

Kamu para ibu muda akan tua nantinya, penyakit alzheimer mengintai kamu. Alzheimer adalah penyakit otak yang mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara, serta perubahan perilaku secara bertahap. Kondisi ini banyak ditemukan pada orang-orang di atas 65 tahun.

Namun jika kamu senang membaca, ia dapat membantu daya ikat otak. Otak akan selalu diransang atau diberi stimulan mengingat, serta berfikir. Ia dapat menghindari penyakit yang menyeramkan tersebut. Selain itu, dengan membaca,dapat juga menghindari penyakit otak lainnya. Jadi bukan hanya Alzheimer ya.

Itu tadi manfaat membaca bagi kamu para ibu muda, setelah membacanya, para ibu harus janji ya, kamu harus rajin untuk membaca hal-hal edukatif. Terserah, banyak media untuk tempat membaca, misalnya buku, majalah, atau internet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *