Close
tips mengatasi tidak percaya diri setelah melahirkan atau baby blues

Tips Mengatasi Tidak Percaya Diri setelah Melahirkan atau Baby Blues

Banyak sekali perempuan yang mengalami hal sedih sehabis melahirkan. Hal ini dikarenakan oleh perubahan bentuk fisik serta hormon bahkan membuat tidak percaya diri. Biasanya hal ini disebut baby blues.

Perubahan-perubahan ini kadang sangat menakutkan, apalagi jika perempuan membayangkan bahwa tubuhnya tidak akan lagi seindah masa gadis dahulu atau bahkan akan lebih jelek.

Sebenarnya ini biasa terjadi, namun jika terus dibiarkan berkepanjangan ia akan berdampak ke pola asuh anak karena kamu lebih fokus pada hal-hal yang sebenarnya tidak begitu penting untuk dikawatirkan, bahkan yang terparah, kamu malah merasa menyesal karena melahirkan seorang bayi.

Hali ini tidak baik untuk dibiarkan terus terjadi, kamu harus mencegahnya. Berikut hal yang dapat dilakukan jika kamu khawatir terhadap perubahan fisikmu pasca melahirkan :

1. Mintalah dukungan dari suami.

Sebenarnya, kebanyakan suami sangat bahagia dengan kelahiran anak-anaknya dengan selamat dan sehat. Sehingga ia tidak terlalu memerhatikan perubahan fisikmu. Jadi jika kamu takut bahwa rasa sayang suami terhadapmu akan berkurang itu sungguh tidak beralasan. Justru malah ada rasa cinta yang bertambah karena melihat orang yang ia cintai berjuang mati-matian untuk melahirkan sang buah hati.

Hanya saja terkadang pemikiran perempuan berbeda-beda dan pada akhirnya timbul kekuatiran yang seharusnya tak perlu ada karena bisa dicari solusinya.

Kamu harus memberitahu suami terkait kondisimu saat ini. Minta dia untuk memberimu support atau dukungan untuk mengembalikan bentuk tubuh. Jika kamu memberi tahu, diharapkan suamimu akan memberi pujian dan memberi segala yang kamu butuhkan.

2. Tetap jaga kondisi kesehatanmu

Anak yang baru dilahirkan tentu membutuhkan ASI, dengan begitu, ia harus mempunyai ibu yang kuat dan sehat agar anak kamu tetap terjaga. Ini sangat penting, kamu harus dapat menyusui anakmu dengan baik.

Kamu harus mengkonsumsi buah dan sayuran yang seimbang agar ASI tetap berkualitas bagus. Jangan konsumsi obat-obatan yang tidak dianjurkan oleh dokter, apalagi minuman beralkohol dan minuman yang mengandung kafein.

Istirahat yang cukup akan dapat mengembalikan mood, selain itu olahraga yang teratur juga membuat kamu lebih senang dan tubuh dapat menjadi lebih baik.

3. Konsultasi dengan ahli

Anda bisa meminta dukungan dari dokter untuk mendapatkan informasi tentang tubuhmu. Nantinya dokter akan memberi saran yang baik agar bodymu tetap terjaga. Jangan sembarang meminum obat diet yang tidak dianjurkan dokter, ini berbahaya buat kamu dan tentunya buat bayimu.

4. Alihkan perhatian dengan kegiatan positif.

Ini dapat kamu lakukan dengan bermain dengan anak. Membawa anak jalan-jalan keluar atau jika anak tidur kamu dapat membaca buku. Wahh membaca buku bermanfaat sekali buat ibu muda seperti kamu.

Baca juga : Manfaat Membaca Bagi Ibu Muda

Hal-hal positif yang dilakukan tujuannya supaya perhatianmu tertuju pada hal yang baru, tidak hanya memikirkan perubahan fisikmu saja.

Nahh jika semua sudah dilakukan, percayalah kamu akan teralihkan dari fikiran buruk tentang bentuk tubuh pasca melahirkan. Percayalah, bentuk tubuh tidaklah harus menjadi hal utama yang musti kamu resahkan. Takutnya anakmu akan terabaikan. Percayalah, menjadi seorang ibu merupakan anugrah yang paling luar biasa karena Tuhan memercayakan anak untuk kamu dan suamimu.

1 thought on “Tips Mengatasi Tidak Percaya Diri setelah Melahirkan atau Baby Blues

  1. Hai Bunda Fitria, terima kasih sudah menghubungi kami dan berbagi pengalaman Bunda. Sebaiknya kita tidak memberi label depresi terhadap diri sendiri, apalagi jika belum dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Jika Bunda menginginkan tempat untuk sharing, Bunda dapat berbagi cerita pada keluarga yang sangat dipercaya ya untuk meringankan beban pikiran Bunda. Namun tidak ada salahnya untuk berkonsultasi pada dokter atau psikolog terkait untuk membantu menemukan solusi masalah Bunda. Jika emosi Bunda sudah stabil, Bunda dapat berkomunikasi intens dengan Ayah. Bicara dari hati ke hati memang perlu dilakukan supaya tidak ada miss-komunikasi. Salam hangat untuk si Kecil, semoga Bunda dapat mengatasi masalah dengan tenang hingga dapat berpikir jernih untuk menemukan solusinya. Semoga Bunda keluarga, diberi kebahagiaan dan perlindungan ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *